Diposting Pada: Selasa, 18 Juni 2019
PERDANA, MAN 2 TEBO TERAPKAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID ( USBA ).


PERDANA, MAN 2  TEBO TERAPKAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID ( USBA ). MAN 2 TEBO _ ( News ) Era Informasi dan Digitalisasi saat ini, membawa angin segar bagi kemajuan pendidikan Indonesia khususnya Pendidikan Keagamaan di Madrasah. Pemanfaatan teknologi, seperti internet dan smartphone telah mulai merambah ke kesekolah- sekolah / madrasah bahkan sampai ke daerah pelosok.

MAN 2 Tebo, Perdana mulai Sabtu ( 15/06/2019 ) kemarin untuk pertama kali telah melaksanakan Ujian Semester Genap ( II ) Berbasis Andoid ( USBA ). Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara menyarankan siswa / siswi ( bagi yang mampu ) untuk membawa smartphone / berbasis andoid yang disambungkan dengan koneksi server yang telah disiapkan / disettting disekolah/madrasah, bagi yang belum mampu / tidak mempunyai Smartphone tetap dapat mengikuti Ujian dengan menggunakan PC di ruang Laboratorium Komputer.

Proktor Utama merangkap Teknisi USBA MAN 2 Tebo Sudiro, S.Kom, didampingi Pariono, S.Kom dan Nur Rahman, S.Kom mengatakan : “ Begitu siswa login menggunakan Aplikasi USBA ke perangkat Wifi, Android langsung terkoneksi, maka akan terhubung dengan server proktor, siswa bisa memulai Ujian, jika ada siswa yang keluar dari aplikasi server sebelum merampungkan ujian, akan terdeteksi langsung pada Server Utama sebagai kotrol ujian. Ada 4 server utama yang diakses oleh 204 peserta USBA, 6 HUB, 6 Acces point, 20 PC dan 1 Server Cadangan. ” ujar Sudiro.

Kepala Madrasah Tapsirudin, S.Ag, M.Pd.I, berharap Terobosan pelaksanaan USBA di MAN 2 Tebo ini, adalah salah satu upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi. Di MAN 2 Tebo saat ini USBA sendiri masih baru, masih asing, karena baru diterapkan semester ini, para siswa maupun guru MAN 2 Tebo, ke depan juga semakin melek teknologi.

Diakatakannya lagi “USBA ini adalah upaya kami ( MAN 2 Tebo ) untuk menjawab tantangan kemajuan zaman, karena teknologi saat ini begitu pesat, tidak bisa dibendung lagi. USBA ini tidak jauh berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ). Pada USBA setelah pelaksanaan ujian tersebut adalah kita bisa dapat melihat hasil ujian itu secara langsung. “ di MAN 2 Tebo Alhamdulilah sudah 2 tahun terakhir ini telah melaksanakan Ujian Berbasis Komputer mulai UAMBN, USBN, UN dan termasuk USBA ini telah menggunakan Smartphone.
Langkah pihak Madrasah melakukan inovasi USBA ini menadapat dukungan penuh dari Bendahara MAN 2 Tebo M. Ridwan, S.Pd. , menurutnya, Pelaksanaan ujian semakin mudah, modern dan lebih kepada efisiensi biaya operasional. “ Dengan USBA ini, jika sebelumnya pihak madrasah harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk menggandakan soal-soal ujian untuk para siswa. Namun, dengan aplikasi berbasis andoid ( USBA ), maka sekali investasi ( mengadakan perangkat tambahan ) ini bisa digunakan untuk ujian-ujian seterusnya. “ jelasnya.
Dari pantauan Redaksi Website MAN 2 Tebo, hari ini ( Selasa,18/06/2019) pelaksanaan USBA masih berjalan dengan lancar dan aman, walau masih ada sedikit kendala tapi masih bisa diatasi.
Ketua Panitia USBA Tahun Pelajaran 2018/2019 Sri Rezeki, S.Pd di dampingi Wakil Ketua Ety Ekariany, S.Pd menjelaskan : “ sampai hari ke tiga ini pelaksanaan USBA berjalan dengan aman, tertib dan lancar, Kelebihan lain, dengan USBA ini adalah, bisa menakan atau meminimalisir potensi kecurangan, sebab yang baiasanya siswa bisa saling contek bisa ditekan. Karena, server bisa mengacak nomor-nomor pada soal ujian, sehingga peluang siswa untuk saling tukar jawaban bisa diminimalisasi. Dan yang terpenting juga partisipasi semua rekan-rekan majelis guru, proktor dan teknisi sangat kita harapkan demi suksesnya USBA ini, sukses pelaksanaan dan sukses nilai siswa kita”. pangkasnya.
( Rept. *Abie )

 


848x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Tim KPPN Muara Bungo Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Keuangan Satker MAN 2 Tebo 105x dibaca
  2. LAKSANAKAN UM INI PENJELASAN KEPALA MAN 2 TEBO 203x dibaca
  3. KaKankemenag Tebo Apresiasi Ujian Madrasah Berbasis Android di MAN 2 Tebo 597x dibaca
  4. Undhari Motivasi dan Sosialisasi di MAN 2 Tebo 197x dibaca
  5. Police Goes to School MAN 2 Tebo 152x dibaca

Halaman ini diakses pada 20-04-2024 02:51:13 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 172.70.178.171
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved