Diposting Pada: Sabtu, 07 Maret 2020
LUKISAN KACA : PUNCAK DARI UJIAN PRAKTIK SENI BUDAYA MAN 2 TEBO


LUKISAN KACA :  PUNCAK DARI UJIAN PRAKTIK SENI BUDAYA MAN 2 TEBOMAN 2 TEBO _( News ) Seni Budaya memang selalu identik dengan karya karyanya, Sebanyak 104 siswa/ siswi Kelas XII ( IPA / IPS ) MAN 2 Tebo hari ini ( Sabtu, 07/03/2020 ) Bertempat di ruang kelas XII IPA.1 / XII PA. 2, Telah melaksanakan Ujian Praktik Lukisan Kaca, yang merupakan Puncak dari Tugas Mata Pelajaran Seni Budaya dengan guru pengampu Bapak Ardianto, S.Pd.

Ketika menyambangi Ujian Praktik ini, Kepala MAN 2 Tebo Tafsirudin, berpesan kepada siswa / i yang sedang mengikuti Ujian Praktik ini, baik praktik Seni Budaya maupun Ujian praktik Mapel lainya, untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan Tugas yang telah diberikan oleh guru yang bersangkutan. Beliau juga menambahkan, Ujian Praktik ini merupakan salah satu rangkaian dari Ujian yang ada di MAN 2 Tebo. sebagai salah satu syarat bagi kelulusan tahun ini.

Ditemui awak Media Website MAN 2 Tebo, Pak Ardianto, ( sapan Guru Seni Budaya MAN 2 Tebo, ; Alumni Strata Satu Universitas Pakuan Bogor ini mengatakan, : “ Ujian praktik Seni Budaya yang berupa Lukisan Kaca ini merupakan penerapan teori yang sudah diberikan kepada siswa, tujuannya : agar dengan praktik melukis bisa memunculkan dan melatih kreativitas serta imajinasi siswa.”

“ Hasil lukisan siswa nantinya akan dipilih yang terbaik untuk di pajang di lingkungan madrasah sebagai motivasi bagi siswa yang lain terutama siswa kelas X dan XI agar dapat termotivasi untuk mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki,” jelas Ardianto.

Lebih Rici ditambahkanya Ujian Praktek Lukisan Kaca ini juga merupakan Ujian praktek pelajaran Seni Budaya diperuntukkan bagi kelas XII yang akan mengakhiri masa studinya di MAN 2 Tebo sebagai syarat sebuah kelulusan, dengan berbahan lukisan kaca ukuran 60 x 30 cm. Lukisan kaca merupakan lukisan dengan menggunakan kaca sebagai media berekspresi. Teknik melukisnya dilakukan dengan cara terbalik atau dengan kata lain melukis dari belakang. Hasil lukisannya biasa dilihat dari bagian depan, itulah uniknya lukisan kaca. Melukis dari bagian belakang butuh ketelitian dan kecermatan serta kesabaran. Proses pewarnaanya menggunakan cat minyak dari warna gelap ke terang dan terang ke gelap dan butuh ketelitian dalam mencampur warna. Objek yang dilukis sesuai dengan keinginan siswa misalkan tema alam, kaligrafi maupun animasi. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah agar siswa mempunyai kepekaan rasa terhadap lingkungan sekitar serta punya kesabaran, ketelitian serta skill dalam segala hal terutama melukis. Tambah Pria Kelahiran Kabupaten Kerinci yang pernah menjadi tenaga pendidik di MAN 1 Sukabumi Jawa Barat ini.

Pantauan media ini Peserta Ujian Praktik ini terlihat serius, antusias dan senang karna dalam mempersiapkan, memulai dan melaksanakan ujian ini terlihat amat senang, walaupun agak terasa sulit tapi setelah Ujian berkahir selesai semua mendapatakan kepuasan dan hati merasa senang. Fhoto ( Rept. Abie* )

 


712x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Hari Ketiga Kegiatan MATSAMA MAN 2 Tebo diawali dengan Senam Sehat Bu guru ko 31x dibaca
  2. Tingkatkan Pengetahuan Jurnalis Siswa MAN 2 Tebo Ikuti Workshop Perfilman 112x dibaca
  3. 9 Orang Siswa MAN 2 Tebo Terima SK Bupati Tebo Tentang Pengurus Forum Anak Daerah 608x dibaca
  4. Tim KPPN Muara Bungo Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Keuangan Satker MAN 2 Tebo 105x dibaca
  5. Wujudkan Kepedulian MAN 2 Tebo Jenguk Guru Melahirkan 109x dibaca

Halaman ini diakses pada 29-03-2024 15:26:25 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 127.0.0.1
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved