Diposting Pada: Selasa, 17 Maret 2020
MAN 2 TEBO GELAR UMBKA ( UJIAN MADRASAH BERBASIS KOMPUTER DAN ANDROID )


MAN 2 TEBO GELAR  UMBKA ( UJIAN  MADRASAH BERBASIS KOMPUTER DAN ANDROID )MAN 2 TEBO_ ( News ). Satu lagi Agenda Ujian tahun ini selesai dilaksanakan, sebanyak 104 siswa/i MAN 2 Tebo sejak Jum’at (13/03/2020 ) kemarin sampai hari ini Selasa ( 17/03/2020 ). melaksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer dan Android ( UMBKA ). Ujian yang digelar selama 4 hari tersebut dengan dengan menyesuaikan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini.

Kepala MAN 2 Tebo ditemui media ini usai UMBKA siang tadi diruang kerjanya menjelaskan : “ Kami MAN 2 Tebo Alhamdulillah sudah di tahun kedua melaksanakan Ujian madrasah berbasis komputer dan android. Ini dimaksudkan untuk memanfaatkan teknologi smartphone yang dimiliki siswa saat ini,” ucap Kepala Madrasah Tapsirudin, M.Pd.I, yang pernah mengampu Mapel TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) MAN 2 Tebo ini. Kamad juga menjelaskan dalam pengerjaan uijian dengan berbasis android ini sangat simpel, hemat dan efisien karena tidak membutuihkan lagi kertas, pensil dan yang terpenting dapat memudahkan guru karena tidak perlu mengoreksi lembar jawaban siswa, karena setelah ujian hasil ujian dapat langsung dilihat dan diprint. “ Siswa juga akan bisa langsung melihat hasil usai pelaksaan ujian,” jelasnya.
Lebih jauh Kamad menerangkan bahwa : “Pada Prosedur Operasional Standar Ujian Madrasah atau POS UM untuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Regulasi ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 247 Tahun 2020 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020. Ujian Madrasah adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan di Madrasah berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. “ tandasnya.

Sementara Ketua Panitia UMBKA MAN 2 Tebo tahun ini Etty Ekariany,S.Pd, menjelaskan : “ Persiapan yang cukup dari semua Tim Teknisi, Proktor dan Panitia terus berjibaku pada pelaksanaan ujian madrasah yang diikuti 104 siswa terbagi dalam 4 ruang masing-masing 2 ruangan perjurusan ( IPA/IPS ), berkat kerjasama yang solid, dapat berjalan dengan lancar, tertib dan sukses.” Ucapnya.

Tim Teknisi Ade Musthafa, M.Pd, sekaligus Wakil kepala Bidang Kurikulum mengatakan : “ Ujian ini dengan menggunakan masing-masing 2 router ditiap lokal, 2 server dengan jumlah 12 Mapel mulai hari pertama hingga usai hari ini berjalan dengan lancar, ” Secara teknis menurut Ustadz Ade ( juga merupakan Guru Mapel Qur’an Hadits dan Dewan Hakim Tilawah pada MTQ Propinsi Jambi dan Kabupaten Tebo ini ), ujian Madrasah berbasis Komputer dan Android ini, siswa fokus menggunakan Android/Smartphonenya masing-maasing. jadi kalu pada UAMBNBK/UNBK kita mengunakan Client (Peseerta ) kita menggunakan Sesi 1-3 ) pada UMBK ini kita tidak menggunakan sesi tapi sekali jalan 104 Client biisa dengan 3 Mapel perhari. Siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan karena soal-soal diacak, siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian semisal google sewaktu ujian sedang berlangsung,” pungkas Ade.
( Rept. *abie )

 


698x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. KUNJUNGAN SOSIAL OSIM DAN PRAMUKA MAN 2 TEBO 283x dibaca
  2. Medali Perak Kurratul Aini pada Kejuaraan Sirkuit I,Panjat Tebing TK-Provinsi Jambi 70x dibaca
  3. WAKAMAD BIDANG KESISWAAN MAN 2 TEBO GELAR RAPAT PERSIAPAN KEGIATAN NUANSA MATEMATIKA XV PRODI TADRIS MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN STS JAMBI. 169x dibaca
  4. SENI MEMBATIK MAN 2 TEBO PRAKTEK PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 56x dibaca
  5. Peduli Lingkungan Pendidik dan Tenaga kependidikan Goro di Madrasah 49x dibaca

Halaman ini diakses pada 04-08-2021 17:32:45 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 44.192.22.242
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved