Diposting Pada: Jumat, 02 April 2021
MAN 2 TEBO : PROGRAM TAHFIZ INTENSIF, 10 ORANG SISWA MENERIMA PENGHARGAAN DARI KEPALA MADRASAH


MAN 2 TEBO : PROGRAM TAHFIZ INTENSIF, 10 ORANG SISWA MENERIMA PENGHARGAAN DARI KEPALA MADRASAH MAN 2 TEBO tv _ ( News ). Tahfidz Al-Qur’an terdiri dari dua kata yaitu tahfidz dan Al-Qur’an. Kata tahfidz merupakan bentuk masdar ghoir mim dari kata حَفَّظَ – يُحَفِّظُ – تَحْفِيْظًا yang mempunyai arti menghafalkan. Sedangkan menurut Abdul Aziz Abdul Rauf definisi tahfidz atau menghafal adalah proses mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar. Pekerjaan apapun jika sering diulang, pasti menjadi hafal [1]. Tahfidz Al Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah Saw. diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagiannya.

Kalau anak Anda ingin fasih membaca Al-Qur’an, bahkan jadi Hafizd / Hafidzah, namun tetap di jalur pendidikan formal, maka MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 2 Tebo jawabannya. Lembaga Pendidikan Umum bercirikan Agama yang terletak di Jalan Lintas Tebo -Bungo Kota muara Tebo ini.
Tahfidz Al-Quran di MAN 2 Tebo terbilang masih muda dan belum genap setahun, tetapi benih-benih iu telah muncul lama dan ini merupakan kegiatan menghafal ayat ayat Al Quran. Dimana di dalam Al Quran terdapat 30 juz yang harus perlahan dihafalkan kemudian diamalkan dan juga diajarkan.
Alhamdulilah, MAN 2 Tebo ‘CERDAS” saat ini sedang giat-giatnya ‘membangun’ semua sisi dengan slogan bersama kita bisssa... Dibawah komando Kamad ELYA PITRI yang luar biasa memberikan support dan keberanian extra, dan dukung penuh Warga Madrasah yang SDMnya lumayan, beliau membuat kegiatan super deg degan, terukur dan solid berharap sukses bersama.

Pada Acara Pelepasan / Tasayakuran siswa/i kelas XII. Sabtu 27 Maret 2021 kemarin, 10 Hafidz/Hafidzah MAN 2 Tebo menerima penghargaan dari Kepala Madrasah atas prestasinya dibidang Tahfidz Al Qur'an. Pada Tahun Pembelajaran 2020/2021 program Tahfidz MAN 2 Tebo telah mulai intensif dilaksanakan dibimbing oleh Ustadzah Rika Laila Safitri, salah satu Ustadzah termuda di MAN 2 Tebo, alumni Ponpes Al Baqiyatussholihat Kuala Tungkal, saat ini juga sebagai Pembina Hafidz di Pontren Al Mansyuriyah Muara Tebo , berkolaborasi bersama Ustadz Asnadi, Beliau adalah seorang Hafidz Alumni Pondok Pesantren Candung Bukit Tinggi ; Pembina Hafidz / Hafidzah Kabupaten Bungo, kedua pembina ini tidak diragukan lagi, telah banyak membina dan sukses dalam membimbing Hafidz / Hafidzah.

Pada media ini diminta tanggapannya Ustadzah Rika di dampingi Ustadz Asnadi menjelaskan : Program Tahfidz ini, didesain agar lebih teratur dalam pembelajarannya. Ketika jadwal program tahfidz, peserta didik diminta untuk menyetorkan hafalan Al Quran yang telah mereka kuasai baik secara bersama sama maupun secara individu. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan / Hafidz / Hafidzah.

Ditambahkan ustadz Asnadi : “ Untuk bisa dengan mudah melakukan hafalan Al Quran yang pertama adalah niat untuk menghafal Al Quran. Seperti hadist Innama akmalu bin niat, segala sesuatu tergantung dengan niat. Ketika kita punya niat yang tulus dan ikhlas untuk menghafalkan Al Quran, pasti akan dipermudah oleh Allah SWT. Setelah itu dilakukan dengan selalu membaca atau mendengarkan Al Quran hingga terekam di kepala. Pengulangan ini akan membuat bacaan bisa cepat dihafalkan dan juga bisa lebih dekat dengan Al Quran. Seseorang yang akrab dengan Al Quran juga disebut dengan Shahibul Al Quran yang berarti menjadi sahabat Al Quran akan lebih mudah dalam menghafalkan Al Quran daripada orang yang tidak dekat dengan Al Quran. Selain itu kita harus fokus dan konsentrasi dalam menghafalkan ayat-ayat Al Quran. Lupakan segala pemikiran-pemikiran yang bisa membuat fokus dan konsentrasi kita berkurang. Untuk peserta didik insyaallah lebih mudah dalam menghafal dikarenakan belum terlalu banyak pikiran. “ paparnya.

Sepuluh orang Hapiz / Hapizah dari MAN 2 Tebo yang mendapatkan penghargaan adalah : 1. Alya Nabila Putri_juz30, 2. Nurhidayah_4 juz, 3. Gilang_juz30, 4. Riska_juz30, 5. Rahmad Kuncoro_5juz, 6. Hilmy Anandika Indra_juz30, 7. Rifaldi_juz30
8. Sinta_5juz, 9. Nurhalisa_juz30,10. Zul Fadzhil Azim_6juz

Kepala Madrasah Elya Pitri S. Pd. I. M Pd.I ditemui di Ruag kerjanya :
Tujuan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MAN 2 Tebo salah satunya adalah untuk menyiapkan peserta didik di madrasah supaya mampu membaca, menghafalkan, mempelajari, mengamalkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung didalam Al Qur'an. “ Menghafal al-Qur’an merupakan harta simpanan yang sangat berharga baik dalam kehidupan didunia maupun diakhirat. Untuk itu selayaknyalah kami memberikan penghargaan bagi 10 orang siswa atas prestasinya sebagai Hafidz dan Hafizoh MAN 2 Tebo.

Ditambahkanya : “ Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta fasih merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, apalagi lulusan sekolah yang notabene berbasis keagamaan. Di luar itu, kefasihan dalam membaca Al-Qur’an merupakan salah satu syarat menjadi imam shalat.
“Itu semua menunjukkan betapa pentingnya kita bisa membaca Al-Qur’an dengan fasih, apalagi sampai hafal,” “ jelasnya.

Menurut Wakil Kepala Bidang Humas MAN 2 Tebo, Abdul Rahman, munculnya program tahfiz tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mencetak lulusan yang tidak saja “ CERDAS “ cakap dalam ilmu, tapi juga fasih bahkan hafal Al-Qur’an. Sehingga kecakapan hidupnya komplit.
“ MAN 2 Tebo tidak sekadar ingin mencetak calon pemimpin yang lihai memadu kata-kata dan menguasai TI (teknologi informasi) tapi juga fasih dan hafal ayat Al-Qur’an sekaligus memahami isinya. Itulah sesungguhnya ciri sisw Milenial,” ucapnya.
Kontributor &Editor : EP/Abie
Photo : Humas MAN 2 TV

 


319x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. MAN 2 TEBO ( TAK ) ASSESMEN GURU, KEPALA DAN PENGAWAS MADRASAH DILINGKUNGAN KEMENAG KAB. TEBO. 80x dibaca
  2. Tingkatkan kemampuan mengolah informasi MAN 2 Tebo utus siswa mengikuti Pelatihan Jurnalis 63x dibaca
  3. Peduli Lingkungan Pendidik dan Tenaga kependidikan Goro di Madrasah 49x dibaca
  4. Waspadai Covid 19 MAN 2 Tebo Memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh 110x dibaca
  5. MENJELANG UAMBN BK daN UN BK, MAN 2 TEBO INTENSIFKAN PENDALAMAN MATERI 306x dibaca

Halaman ini diakses pada 04-08-2021 17:21:21 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 44.192.22.242
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved