Diposting Pada: Rabu, 07 April 2021
JELANG PELAKSNAAN AKREDITASI MADRASAH, TIM AKREDITASI MAN 2 TEBO IKUTI SOSIALISASI IASP TAHAP 2


JELANG PELAKSNAAN AKREDITASI MADRASAH, TIM AKREDITASI MAN 2 TEBO IKUTI SOSIALISASI IASP TAHAP 2 MAN 2 TEBO tv _ ( News ). Rabu, ( 06/04/2021), Diselenggarakan secara Daring melalui Zoom Meeting. Sosialisasi IASP ( Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan ), Tahap 2 yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Sekolah-Madrasah Provinsi Jambi melalui Surat Undangan tertanggal : 1 April 2021 ini merupakan bagian dari langkah Jelang Pelaksanaan Akreditasi Sekolah / Madrasah 2021.

Kepala Madrasah , Kaur TU dan Tim Akreditasi Madrasah MAN 2 Tebo yang di Koordinator oleh Waka Bidang Humas dan Anggota, solid mengikuti Rangkaian Sosialisasi. Zoom yang dimulai dari pukul 07.30 s.d 12.00 WIB. BAN S/M Propinsi Jambi menyampaikan tentang latar belakang perubahan instrumen antara lain bahwa (1) sistem Akreditasi S/M yang berlaku sampai Tahun 2019 belum mampu menggambarkan substansi mutu Satuan Pendidikan, (2) penilaian kelayakan S/M cenderung bersifat Administarasi sehingga pemanfaatan hasil akreditasi belum memuaskan, (3) sejak tahun 2018 sudah dirancang perubahan system akreditasi terutama instrument Akreditasi.

Instrumen Akreditasi diberi nama Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 tetapi nama Instrumen ini tidak baku dan instrument tersebut sudah final. Dalam Instrumen Akreditasi tahun 2020 terjadi perubahan paradigma Akreditasi yaitu :
1. Penekanan diberikan kepada kinerja Satuan Pendidikan ketimbang pemenuhan persyaratan administratif dengan tetap mempertimbangkan standar nasional pendidikan.
2. Kinerja Satuan pendidikan difokuskan kepada empat kompetensi utama
• Mutu lulusan
• Proses pembelajaran
• Mutu guru
• Manajemen sekolah
3. Dengan asumsi bahwa mutu lulusan merupakan hasil dari proses pembelajaran mutu guru, yang didukung oleh manajemen sekolah/madrasah yang efektif dan efisien.
Penilaian akreditasi untuk komponen kinerja tersebut menggunakan teknik
• Telaah dokumen
• Observasi dan
• Wawancara.

Koordinator Tim Waka Humas Abdul Rahman, M.Pd.I, didampingi Waka Kurikulum Ade Musthafa, M.Pd, mengatakan : Sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan dalam menyiapkan komponen Akreditasi ini, semoga Tim kita tetap solid, semangat dan kompak selalu demi suksesnya mengikuti Akreditasi MAN 2 Tebo. “ “ Sosialisasi semacam ini sangat akan bermakna bagi kita Tim, sebab kita menerima informasi langsung dari sumbernya BAN S/M Propinsi Jambi '" Jelas Rahman.

Sementra Kamad Elya Pitri, S.Pd.I, M.Pd.I sangat mengapresiasi kegiatan ini, mari kita sama-sama simak, agar kita lebih memahami tupoksi dari semua Tim dan Anggota yang telah kita bentuk dalam memulai persiapan Akreditasi ini. " Alhamdulillah, hari ini Kita dapat melakukan nonton bareng ( Nobar) Sosialisasi ini agar semua yang tergabung dalam tim akreditasi lebih dan bisa memahami alur kerja dan gambaran akreditasi yang berbeda dari akreditasi tahun-tahun sebelumnya, dan saya berharap informasi dari BAN S-M provinsi Jambi ini tidak hanya diterima oleh Kepala Madrasah saja yang diundang secara resmi dalam acara ini, tapi mari kita sama-sama bekerja dan bekerja sama." Pangkas Elya.

Reporter/Kontributor : Humas/abie
Photo : Dokumentasi Humas MAN 2TV

 


241x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. SISWA MAN 2 TEBO 100% LULUS 174x dibaca
  2. MAN 2 TEBO, RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBINA EKSKUL 222x dibaca
  3. MONITORING UAMBN-BK UTAMA TP. 2018 / 2019 OLEH KABAG. TU KANWIL KEMENAG PROP. JAMBI DI MAN 2 TEBO 229x dibaca
  4. JELANG UAMBNBK UTAMA TP. 2019 / 2020, MAN 2 TEBO GELAR ZIKIR DAN DO’A BERSAMA.` 716x dibaca
  5. PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN VIRUS COVID 19 MELALUI PENYEMPROTAN DISINPEKTAN 89x dibaca

Halaman ini diakses pada 04-08-2021 16:44:36 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 44.192.22.242
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved